Saturday, 11 May 2013

Cara Sederhana Memepercepat Kinerja Android

cara mempercepat kinerja androidJika anda sedang mencari bagaimana memepercepat kinerja Android pada ponsel anda mungkin inilah salah satu beberapa cara memperbaiki performa Android terutama untuk hanphone ataupun tablet Android yang memiliki RAM kecil.

Ada beberapa cara sederhana yang bagikan untuk mempercepat android agar android tidak mudah hang / tidak merespon. Untuk menaikkan kecepatan android anda bisa memilih dua opsi yaitu yang pertama dengan cara basic dan yang kedua dengan cara yang advance. 

Untuk cara basic biasanya digunakan bagi anda yang masih belum mengenal perangkat Android secara menyeluruh, atau lebih tepatnya disebut pengguna biasa. Namun jika anda sudah expert tentang jeroan Android anda bisa menggunakan cara yang advance.

Mempercepat Kinerja Android cara Basic

Untuk cara basic anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah dibawah ini
  1. Optimisasi penggunaan Home Screens.
    Penggunaan home screen apalagi dengan live walpapernya pasti membuat Android anda semakin keren. Tapi secara tidak langsung ini bisa memakan banyak RAM oleh karena itu optimisasi penggunaan Home Screen anda usahakan jangan memasang banyak shortcut aplikasi di home screen. Dan jangan memasang live wallpaper.
  2. Force Closed & Uninstall Aplikasi.
    Silahkan lihat di manajer aplikasi jika menurut anda ada aplikasi yang tidak anda butuhkan misalnya aplikasi aplikasi iklan bawaan dari aplikasi gratisan. Selain itu forced closed atau kill aplikasi yang masih tersimpan di RAM. Biasanya aplikasi yang selesai kita pakai namun lupa menutupnya maka aplikasi tersebut masih tersimpan di RAM dan ini akan memperlambat kinerja Android. Untuk me Kill aplikasi anda bisa menggunakan WatchDog Task Manager
  3. Install Browser Internet.
    Browser bawaain Android biasanya sangat lemot jika digunkan untuk internetan terutama pada android yang masih versi Gingerbread karena pada versi ini browser bawaan tidak pernah diupdate. Anda bisa memasang browser baru dari Google Play seperti Opera Mini, UC Browser dan masih banyak lagi yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

Mempercepat Kinerja Android untuk Advance User

Untuk cara advance anda bisa menggunakan cara ini
  1. Overclock Android
    Overclock disini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan Android. Namun syarat utama untuk overclocking android harus di ROOT dulu. Aplikasi untuk overclock yang bagus adalah SetCPU. Kelemahan dari overclocking ini adalah boros bateray dan handphone cepat panas.
  2. Update Firmware Terbaru
    Update firmware gunanya adalah untuk menambal kekurangan dari versi sebelumnya. Untuk versi terakhir saat ini adalah Android Jelly Bean. Namun tidak semua Android bisa di upgrade official untuk mengakali hal ini adalah dengan menggunakan Custom ROM. Anda bisa memilih CyanogenMod untuk custom ROMnya.
  3. Manage Autostart Program
    Untuk memanage autostart program Android anda sudah harus di root. Anda bisa menggunakan aplikasi AutoStart untuk memilih aplikasi mana yang bisa berjalan secara otomatis saat pertama kali handphone dinyalakan.
Itulah beberapa cara mempercepat kinerja Android dengan menggunakan cara basic maupun expert. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment