Sunday, 21 April 2013

Tips Android Rooting Untuk Pemula

tips android root untuk pemula
Bagi anda yang pemula banget tentang android. Baru membeli handphone Android dan sudah ingin di root ada baiknya anda membaca artikel tentang bagaimana dan tips Android root-ing untuk pemula yang baik. Agar anda tidak salah dalam root-ing Android anda yang dapat menyebabkan android anda menjadi tidak awet. Kesalahan dalam root-ing dapat menyebabkan android cepat rusak atau mengalami brick. Untuk itu perhatikan tips di bawah ini sebelum me-root-ing Android.


Tips aman root Android

  1. Alasan.
    Pertimbangkan dengan bijksana alasan anda untuk me-root Android karena apa yang akan anda lakukan akan mempunyai dampak terhadap android anda. Selain itu Android yang sudah di root secara otomatis merusak masa garansi dalam artian Android yang telah di root-ing garansinya tidak berlaku.
  2. Install Recovery
    Install Recovery merupakan kewajiban bagi pengguna Android yang ingin me-root Android mereka karena recovery akan menyelamatkan data anda yang mungkin hilang saat root-ing. Untuk aplikasi recovery yang harus di install anda bisa memasang CWM atau ClockWorkMod Recovery. CWM ini akan menggantikan fungsi recovery bawaan android yang mana CWM mempunyai fitur lebih lengkap seperti back-up, format data, flashing ROM/script, format system dan membuat partisi pada SD Card.
  3. Root dari sumber terpercaya
    Usahakan mencari tutorial root, dan trik root-ing Android dari sumber yang benar benar terpercaya. Saya sarankan anda mencari dari forum Android seperti XDA Developer dengan alamat webnya www.forum.xda-developers.com. Disana terdapat banyak trik untuk oprek Android dari seluruh dunia. Cari yang mempunyai banyak like dan rating tinggi karena dengan indikasi like dan rating tinggi menandakan trik tersebut bagus.
  4. Modifikasi sewajarnya
    Untuk anda yang usdah berhasil me-root Android lakukan modifikasi sewajarnya pada Android anda. Jangan lakukan modifikasi berlebihan yang bisa berakibat pada umur Android anda menjadi cepat rusak. Lebih baik anda memilih modifikasi yang  masih aman terhadap perangkat anda.
  5. Pemilihan ROM
    Pemilihan ROM juga perlu anda perhatikan agar kinerja Android. Pada forum Android Developer XDA Developer yang saya sebutkan di atas biasanya terdapat banyak pilihan ROM yang mana ROM dengan rating teratas itulah yang terbaik, dalam artian bug / error sudah semakin sedikit. Kesalahan pemilihan ROM atau ROM yang tidak sesuai setelah di root menyebabkan Android sering mengalami force close namun jika pemilihan ROM sesuai maka hal ini akan jarang terjadi.
  6. Unroot
    Ketika anda sudah tidak ingin me-root Android anda lagi, anda bisa meng-unroot nya dengan beberapa trik yang juga tersedia di XDA Developer di situs yang ada di atas.
Itulah enam tips untuk root-ing Android yang aman bagi pemula agar tidak terjadi kesalahn fatal yang menyebabkan rusaknya Android anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

1 comment:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete